WHAT'S NEW?
Loading...

Komponen Penyusun Komputer dan Fungsinya ( Hardware dan Software )

         Komputer merupakan alat yang tidak asing bagi kita, dapat kita . Mulai dari ngetik, bermain game, browsing internet sampai dengan pekerjaan khusus yang menggunakan komputer misalnya komputasi data.

Untuk mengenal komputer secara rinci, maka ada baik mengenal terlebih dahulu komponen-komponen yang menyusun sebuah komputer PC, khususnya komponen yang disebut dengan perangkat keras dan perangkat lunak.

Pengenalan Hardware dan Software
  • Perangkat Keras ( Hardware )
            Hardware yaitu Perangkat keras komputer yang terlihat dalam sistem komputer. Hardware komputer tersusun atas 4 bagian komponen yaitu processor, memory, prepheal, system penghubung. Komponen-komponen penyusun komputer PC juga tidak akan lepas dari keempat jenis komponen tersebut.  Hanya saja nama-nama komponen penyusunnya berbeda-beda.
  1. Motherboard
    motherboard
    Mother Board
    Komponen induk dari sebuah komputer, yang memegang peran penting untuk stabilitas kinerja komputer, bagian inilah seluruh komponen lainnya terpasang dan saling berkomunikasi antar bagian. Kinerja komputer diatur disini, spesifikasi motherboard sangat berpengaruh terhadap ketahanan memproses sebuah komputer, terutama bagi gamers ataupun designer yang lebih mengutamakan akselerasi.
  2. Processor
    Processor
    Processor

    Komponen yang satu sering kali di ibarat dengan otak sebuah komputer, sesuai namanya processor adalah komponen yang bertugas memproses perintah dan logika yang diberikan oleh operator komputer, banyaknya jenis processor yang ada sebanding dengan software yang berkembang dipasaran kerena dituntut untuk dapat melakukan banyak perkerjaan salam satu waktu terkadang pemilihan processor yang kita gunakan harus tepat, karena jika sampai salah pilih akan berimbas pada lambatnya proses kerja sebuah komputer yang pasti berimbas langsung pada pekerjaan pengguna komputer.
  3. Memory atau RAM (Random Access Memory)
    RANDOM ACCESS MEMORY

    RAM berfungsi sebagai tempat transit data sementara untuk operasi-operasi yang tengah dijalankan oleh CPU. RAM bersifat volatile, artinya perangkat ini tidak meyimpan data secara permanen, hanya untuk operasi yang dibutuhkan saja. Kapasitas RAM pada PC yang sering kita temukan cukup beragam , mulai dari 256 MB (MegaBytes) – 16 GB (GigaBytes)
  4. Video Card (VGA)
    VGA

    Fungsi dari Video card adalah mengolah gambar sebelum ditampilkan ke monitor, banyaknya kebutuhan pengolahan gambar bagi gamers atau designer yang mengharuskan merogoh kantong yang agak dalam, beruntung sekarang bagi pengguna komputer kantor video grafis sudah terintegrasi dalam motherboard sehingga lebih menghemat pengeluaran.























  5. Hardisk
Hardisk
Fungsi hardisk sebagai media penyimpanan data pada komputer, kapasitas yang benar tentu saja berpengaruh terhadap jumlah data yang dapat kita simpan, ditambah lagi buffer yang besar akan membantu kecepatan transfer baik antar hardisk ataupun untuk proses suatu program. Fungsi lain dari hardisk untuk penyimapanan data yang bersifat mobile dengan sedikit penambahan casing pada hardisk laptop.
  1. Optical Disk Drive (ODD)
    ODD
    Optical drive biasa juga dikenal dengan nama CD Drive, DVD Drive atau ODD. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk membaca dan juga menyimpan data dari dan ke media cakram optik seperti CD , DVD, atau Blu-Ray Disc.
  2. Monitor
    Monitor

    Monitor berfungsi untuk menampilkan gambar dari video card, LCD mungkin lebih banyak daripada monitor tabung (CRT) selain kebutuhan listrik yang relatif ebih kecil dan hemat, kebutuhan ruang yang relatif kecilpun menjadi poin penting transisi dari CRT ke LCD, meskipun masyarkat banyak yang beralih ke LCD, beberapa profesi seperti design ataupun layout lebih bertahan di monitor CRT.
  3. Mouse + Keyboard
    Keyboard & Mouse

    Keyboard dan mouse berfungsi sebagai alat input untuk memasukkan perintah teks, karakter, atau menggerakkan objek pada antarmuka grafis untuk diproses oleh komputer. Ukuran dan bentuk dari kedua alat ini cukup beragam, namun fungsinya sama saja.
  4. Casing dan Power Supply
    Casing dan Power Supply
    Casing dan power supply biasanya satu paket dalam komputer, yang berfungsi sebagai rumah komputer, dan Power Supply sebagai penyedia aliran listrik didalam komputer. untuk bentuk dan ragam jenis ada beraneka macam.
Sedikit penjelasan di atas dapat membantu menambah pengetahuan kita tentang bagian penyusun komputer ( Hardware ) dan fungsi dari bagian-bagian tersebut.
  • Perangkat Lunak ( Software ) adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai ‘penterjemah’ perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras.
Klasifikasi software dapat dibedakan dua jenis, yaitu
  1.  Software System
           Yaitu software yang sangat penting merupakan program yang mengontrol dan
           mengatur seluruh kegiatan prosesing didalam system. Contoh software system :
           Ms-Dos, IBM-Dos, BOS ( Basic Operating System ), TOP ( Take Operating System )
           OS / VS ( Operating System / Virtual System ), Windows, Linux, Android Dll.


     2.   Software Aplikasi

           Yaitu software yang memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk
           melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu. 
           Contoh software aplikasi : Google, Facebook, Twitter, Antivirus, Game, Oracle, Dll.

sumber:
http://novianade.blogspot.com/2013/07/komponen-penyusun-komputer-dan.html
http://www.anneahira.com/ 

0 komentar:

Post a Comment